October 13, 2014

Membuat Simulasi Fungsi Pertumbuhan dan Peluruhan dengan Mudah

Pada silabus matematika peminatan kelas X disebutkan bahwa salah satu kegiatan yang mendukung KD. 3.2 adalah menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata (Lampiran II Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014). Untuk melakukan analisis dapat digunakan media yang disajikan untuk diamati, baik individu maupun kelompok.

Untuk membuat media ini dapat dipilih GeoGebra sebagai alat untuk membuat media tersebut. GeoGebra dapat digunakan untuk membuat simulasi fungsi eksponen maupun logaritma dengan cepat dan mudah. Pada kali ini mari kita mencoba membuat simulasi fungsi pertumbuhan dan peluruhan dengan menggunakan grafik fungsi eksponen.

Untuk membuat grafik fungsi eksponen, cukup dengan melakukan input langsung dan grafik akan terbentuk dengan sendirinya. Misalnya untuk membuat grafik $ y=2^x$ dan $ y=(\frac{1}{2})^x$ maka cukup ketikkan y=2^x dan y=(1/2)^x di menu input langsung GeoGebra.
Gbr. 1. Grafik Fungsi Perumbuhan dan Peluruhan

Setelah terbentuk grafik yang dimaksud, klik tool point to object dan buatlah titik pada masing-masing grafik tersebut. Setelah grafik terbentuk animasikan titik tersebut dengan cara klik kanan pada titik tersebut dan klik animation on, maka titik akan bergerak mengikuti jalur fungsinya masing-masing. Titik tersebut ada yang bergerak dari bawah ke atas dan ada yang dari atas ke bawah. Dengan kegiatan mengamati pergerakan titik di grafik tersebut diharapkan pembelajaran dapat membawa ke ranah menganalisis dan membuat kategori pada fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan yang diharapkan pada perturan menteri yang disebutkan di atas.

Untuk melengkapi pemahaman pembuatan media ini saksikan tayangan berikut:


0 comments:

Post a Comment