October 10, 2014

Membuat Simulasi Gradien dengan Mudah di GeoGebra

GeoGebra memang cukup menarik dipelajari. Salah satu daya tariknya adalah pengguna dapat mempertajam pemahamannya tentang konsep matematika dengan visualisasi yang mudah dibuat. Misalnya pengguna dapat memahami bagaimana hubungan nilai gradien dengan visualisasi garis yang dinamis.

Untuk membuat visualisasi dinamis gradien pada sebuah garis, kita dapat memanfaatkan fasilitas slider. Pertama kali kita minimal harus membuat 1 slider. Pada contoh kali ini menggunakan 2 slider. Kenapa 2 slider? Ya karena 2 slider tersebut akan digunakan untuk mewakili nilai a dan b dari bentuk umum persamaan garis y = ax + b. Baiklah, langsung saja buat 2 slider dengan cara ketikkan a=1 di input bar, demikian juga ketikkan b=1 di input bar juga, Setelah itu tampilkan slidernya.

Langkah selanjutnya, ketikkan y= a*x + b di input bar, maka akan terbentuk sebuah garis. Dengan memanfaatkan tool slope, maka dapat ditampilkan nilai gradiennya. Untuk membuat simulasi nilai gradian, gerakkan/draglah slider a, dan agar lebih dapat memahami gerakkan juga slider b. Bagaimana mudah bukan?

Jika masih belum paham saksikan video berikut :


0 comments:

Post a Comment