October 9, 2014

Membuat Simulasi Kedudukan Titik dengan Mudah

GeoGebra memberikan kemudahan kepada user untuk membuat simulasi konsep-konsep matematika secara mudah. Salah satunya user dapat membuat simulasi kedudukan titik terhadap garis dan bidang hanya dengan beberapa klik saja.

Untuk membuat simulasi kedudukan titik terhadap garis, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat sebuah garis, kemudian klik tool titik pada obyek (point on object) dan arahkan kursor ke garis yang dibuat tadi maka terbentuklah sebuah titik yang berada pada garis tersebut. Titik tersebut kita gerakkan kemana saja akan tetap berada pada garis tersebut. Berbeda jika user menggunakan tool point (titik) di sebarang tempat diluar garis yang dibuat maka akan terbentuk titik diluar garis yang mana titik tersebut apabila digerakkan kemana saja maka tidak ada pengaruhnya terhadap garis maupun titik tersebut (lepas tidak ada hubungannya).

Gbr. 1. titik terletak pada garis a dan diluar garis a
Gbr. 2. titik segaris di a dan diluar garis a
Selanjutnya untuk membuat simulasi kedudukan titik terhadap bidang. User dapat menggunakan viuw grafik 3 dimensi. Pertama kali buatlah tiga titik untuk membuat sebuah bidang. Setelah bidang terbentuk, gunakan tool point on object untuk menunjukkan titik berada pada bidang yang dibuat tadi dan sebarang titik diluar bidang untuk menunjukkan titik diluar bidang.

Gbr. 3. titik diluar bidang a

Gbr. 4. titik diluar bidang dan didalam bidang
Gbr. 5.  titik diluar bidang dan sebidang
Video singkatnya silahkan disaksikan berikut ini

0 comments:

Post a Comment