December 22, 2014

Mengkonstruksi Segitiga Sama Sisi

Gambar pada GeoGebra dikenal adanya gambar bebas dan gambar konstruksi. Gambar bebas adalah gambar/grafik yang tidak mempunyai kaitan atau hubungan dengan gambar lain, sedangkan gambar konstruksi dapat diartikan sebagai gambar yang pembuatannya berhubungan dengan gambar yang lain. Untuk membuat segitiga sama sisi dapat digunakan dua cara tersebut, yaitu sebagai gambar bebas maupun gambar konstruksi.

Untuk membuat segitiga sama sisi yang merupakan jenis gambar bebas digunakan tool regular polygon, sedangkan untuk gambar konstruksi segitiga sama sisi digunakan dua buah lingkaran yang mempunyai jari-jari yang sama panjangnya dan saling melalui titik pusatnya.
Setelah itu ditentukan titik potong antara kedua lingkaran tersebut.
Selanjutnya dari tool polygon, hubungkan tiga buah titik pada lingkaran dan melalui kedua pusat lingkaran tersebut.
Dari gambar yang terbentuk sangat jelas bahwa segitiga yang terbentuk adalah segitiga sama sisi, kenapa demikian? Ya, karena sisi-sisi pada segitiga tersebut adalah jari-jari lingkaran dari masing-masing lingkaran yang ada, sedangkan telah diketahui bahwa lingkaran yang digunakan mempunyai jari-jari yang sama panjangnya.
Setelah itu lingkaran yang digunakan untuk membuat konstruksi segitiga tersebut, disembunyikan dengan tujuan agar yang terlihat hanya segitiga hasil konstruksi saja.
Demikianlah cara membuat segitiga dengan menggunakan software GeoGebra. Sekarang dapat terlihat perbedaan antara segitiga sama sisi yang dibuat dengan cara biasa dan dengan cara konstruksi. Silahkan pembaca mencoba dengan cara yang dituliskan pada blog ini, kemudian cobalah untuk mencari cara lain untuk mengkonstruksi segitiga sama sisi tersebut.
Selamat mencoba dan jangan lupa saksikan video tutorialnya di bawah ini.



0 comments:

Post a Comment