January 10, 2015

Simulasi Benda Putar untuk Soal UN 2014

Ujian Nasional tahun 2015 sebentar lagi dilaksanakan. Untuk jenjang SMA diperkirakan dilaksanakan pada bulan April 2015 mendatang. Melakukan persiapan dalam rangka meraih kesuksesan untuk memperoleh nilai yang diharapkan merupakan hal yang cukup baik dilakukan oleh para siswa. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari soal-soal ujian yang telah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya.

Untuk jenjang SMA program IPA salah satu soal yang diujikan pada tahun 2014 adalah masalah volume benda putar. Soal yang diujikan pada sebuah paket soal Ujian Nasional 2014 Program IPA adalah:
Agar lebih memahami soal tersebut, soal tersebut perlu disajikan dalam bentuk gambar atau simulasi yang pada akhirnya dapat menambah pemahaman dalam menyelesaikan soal-soal yang serupa. 

Pada tulisan kali ini akan mengupas bagaimana cara membuat simulasi benda putar yang ada pada soal ujian tersebut. Yang perlu dipersiapkan adalah membuat grafik dari soal yang diketahui tersebut.
Karena lingkaran belum berbentuk fungsi, maka lingkaran tersebut dibuatkan sebuah fungsi dengan membuat fungsi setengah lingkaran dengan rumus sqrt(4-x^2). Selanjutnya dibuatkan permukaan yang membentuk benda putar dari soal yang diberikan.

Rumus-rumus yang digunakan:
  • Surface[a, f(a) cos(b), f(a) sin(b), a, 0, x(A), b, 0, α]
  • Surface[a, g(a) cos(b), g(a) sin(b), a, x(A), 2, b, 0, α]
Rumus-rumus diatas digunakan dengan ketentuan bahwa $f(x)=\sqrt{3} x^2$ dan $g(x)=\sqrt{4-x^2}$.
Apabila ketentuan-ketentuan diatas telah terpenuhi maka akan dapat dilihat bentuk benda putar yang dibuat berdasarkan soal diatas.
Sebagai bahan pembanding file GeoGebra dari soal tersebut dapat didownload di sini
Selanjutnya untuk berlatih dapat menggunakan soal-soal ujian nasional yang lain, dan dapat didownload di sini
Selamat mencoba....

0 comments:

Post a Comment