December 9, 2015

Menyisipkan GeoGebra ke PowerPoint

PowerPoint merupakan software presentasi dari Microsoft Office yang sangat populer digunakan oleh masyarakat. Pembelajaran di Universitas atau Sekolah penggunaan PowerPoint sudah lazim dipakai sebagai alat untuk menyajikan bahan ajar utama maupun pendukung.

Bahan ajar yang disajikan dengan baik akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi masing-masing pebelajar. Dalam pembelajaran matematika, penggunaan PowerPoint dapat dikolaborasikan dengan GeoGebra, sehingga presentasi yang dilakukan menjadi lebih interaktif.

GeoGebra saat ini sudah memberikan fasilitas agar dapat disisipkan ke lembar presentasi PowerPoint menggunakan Add-Ins. Add-Ins GeoGebra ini dapat digunakan pada produk Office 2013 ke atas atau Office Online saja.

Bagi kita yang belum mempunyai lisensi Office 2013 ke atas, kita dapat menggunakan versi gratis melalui Office Online dengan memilih PowerPoint Online.

Untuk menggunakan fasilitas ini, kita dapat login di https://www.office.com/, dan memilih PowerPoint.

Setelah itu, kita akan berada pada laman PowerPoint Online.

Buat materi presentasi, misal tentang garis kita tuliskan "Dari dua titik dapat dibuat sebuah garis", kemudian untuk menjelaskan konsep tersebut kita lengkapi menggunakan lembar GeoGebra. Dari menu insert pilih  My Add-Ins, kemudian pilih GeoGebra For PowerPoint (jika belum tersedia, klik store dan ketikkan GeoGebra, kemudian pilih dan ikuti petunjuk berikutnya).

Kemudian kita akan diarahkan ke laman login akun GeoGebra, kita dapat login menggunakan akun facebook atau yang lainnya sesuai keinginan kita. Jika sudah login kita akan diberi pilihan untuk mencari materi yang sudah ada atau akan membuat sendiri. Baik pada contoh kali ini, kita pilih "Aljabar &Grafik" .

Seperti biasa, buat garis yang dikonstruksi dari dua buah titik yang berbeda. Setelah selesai kita bisa melakukan presentasi dengan melakukan klik pada tombol slideshow. Hasilnya seperti berikut:



Untuk tutorial dalam bentuk vidio dapat dilihat di bawah ini, dan selamat mencoba.

1 comment: