January 2, 2016

Segitiga yang Sebangun

Kesebangunan merupakan salah satu konsep matematika yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu secara langsung mengetahui bahwa itu adalah konsep kesebangunan ataupun tidak mengetahui bahwa itu adalah konsep kesebangunan. Kita dapat mengambil contoh sederhana dengan menggunakan foto. Foto merupakan konsep kesebangunan yang digunakan dalam kehidupan keseharian kita. Misal kita memfoto sebuah bangunan, misalnya monas dan kita cetak dengan beberapa ukuran yang berbeda, maka ukuran gambar di beberapa foto tersebut berbeda tetapi gambar di foto tersebut tetaplah bangun yang sama yaitu monas.

Sebenarnya masih banyak konsep kesebangunan yang diterapkan dalam kehidupan keseharian kita, namun selanjutnya kita akan melihatnya menggunakan konsep matematika melalui kesebangunan segitiga.

Jika kita bandingkan sisi-sisi yang bersesuaian antara gambar satu dengan gambar lain yang sebangun, maka akan diperoleh nilai yang sama, sehingga konsep kesebangunan segitigapun mengacu pada fakta tersebut dan dapat dituliskan sebagai:

Jika pada dua segitiga perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama maka kedua segitiga tersebut sebangun.
Untuk memahaminya, simaklah simulasi kesebangunan dua segitiga pada lembar GeoGebra berikut ini:

Konsep dasar kesebangunan semacam ini, biasanya akan dikembangkan dalam bentuk soal untuk mengetahui atau menghitung sisi sebuah segitiga lain yang belum diketahui nilainya.

0 comments:

Post a Comment