February 29, 2016

Menggunakan ANOVA di GeoGebra

Analisis varian merupakan prosedur yang digunakan untuk menguji perbandingan rata-rata antara beberapa kelompok data. Biasanya pengujian ANOVA dilakukan secara manual atau juga menggunakan software statistik seperti SPSS atau Ms. Excel. Pada saat postingan ini dibuat, di GeoGebra penggunaan ANOVA masih sangat terbatas, sekedar menunjukkan hasil P value dan F test statistic. Jadi, jika kita akan menggunakan ANOVA sebagai alat uji penelitian, maka sebaiknya gunakan software SPSS atau Ms. Excel.

Namun demikian, karena di GeoGebra ada fasilitas/perintah perhitungan ANOVA, maka pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan fasilitas/perintah ANOVA tersebut. Postingan ini hanya terfokus pada bagaimana menggunakan perintah ANOVA di GeoGebra, sehingga jika para pembaca ingin mempelajari dan menggunakan ANOVA untuk keperluan yang lebih, dapat mencari referensi lain melalui google.

Untuk menggunakan ANOVA, perlu disiapkan lembar spreadsheet di GeoGebra sebagai tempat membuat tabulasi data yang akan dianalisis menggunakan ANOVA.
Gambar 1. Spreadsheet di GeoGebra
Misalnya kita akan membandingkan tiga buah metode pada tiga kelompok yang berbeda dengan hasi seperti pada gambar berikut:
Gambar 2. Menyajikan Data di GeoGebra
Buat list menggunakan data pada spreadsheet yang sudah dibuat, dengan cara menseleksi seluruh data pada masing-masing kolom kemudian klik kanan dan pilih create list, secara otomatis akan terbentuk beberapa list sebagiaman tamapak pada gambar berikut:
Gambar 3. Cara Membuat List dari Spreadsheet
Setelah terbentuk 3 list, langkah selanjutnya ketikkan pada menu input langsung ANOVA[list1, list2, list3], kemudian enter dan akan diperoleh hasil dalam bentuk list4.
Gambar 4. List4 Sebagai Hasil Perhitungan ANOVA
Nilai list 4 adalah list4 = {0.81, 0,22} yang maksudnya adalah p value = 0,81 dan F test statistic (F Hitung) = 0,22. Demikianlah penggunaan perintah ANOVA di GeoGebra semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment