March 5, 2016

Rotasi

Dikutip dari situs wikipedia rotasi adalah perputaran benda pada suatu sumbu yang tetap, misalnya perputaran gasing dan perputaran bumi pada poros/sumbunya. Konsep ini juga yang menjadi dasar sebuah rotasi pada transformasi geometri di matematika. Untuk merotasi sebuah obyek diperlukan sebuah titik pusat rotasi dan besarnya sudut putar yang akan digunakan dengan ketentuan rotasi yang bernilai positif perputarannya berlawanan arah dengan jarum jam begitu pula sebaliknya.

Simulasi berikut menunjukkan sebuah rotasi sederhana dari sebuah titik dengan titik pusat rotasi titik O = (0,0) dan besarnya sudut putar adalah $\alpha$.


Untuk membuat simulasi seperti diatas, terlebih dahulu siapkan sebuah slider sudut $\alpha$, kemudian ketikkan pada menu input langsung menggunakan format "Rotate[ <Object>, <Angle> ]", sehingga pada input langsung kita ketikkan Rotate[ A, $\alpha$ ].

Berikut ini disajikan simulasi rotasi titik A dengan pusat rotasi titik O = (0,0) dan sudut putarnya adalah sudut istimewa kelipatan 45 derajat.


Untuk merotasi sebuah obyek menggunakan sebuah titik pusat rotasi digunakan format penulisan:
Rotate[ <Object>, <Angle>, <Point> ]

Di bawah ini ditampilkan simulasi rotasi garis a oleh sudut $\alpha$ dengan titik pusat rotasi di titik C.


Simak tutorial video rotasi pada transformasi geometri menggunakan GeoGebra berikut;

2 comments:

  1. blog nya sangat bermanfaat buat saya yang mau belajar matematika secara lengkap disini gan, blogwalking nya gan ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mantap Gan, silahkan.....
      jangan lupa tetap staytune di blog ini Gan...

      Delete