October 16, 2016

Penyelesaian Matriks Menggunakan GeoGebra

Matriks dapat didefinisikan sebagai susunan bilangan-bilangan dalam baris dan kolom yang berbentuk persegi panjang. Untuk menggunakan GeoGebra dalam urusan matiks memang agak sedikit berbeda, sehingga perlu kita sampaikan cara-cara penggunaan GeoGebra pada bahasan matriks ini.

Untuk menuliskan sebuah matriks di GeoGebra dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun pada postingan kali ini akan dibahas satu cara saja. Agar mudah dalam membuat matriks di GeoGebra, perlu disiapkan terlebih dahulu lembar GeoGebra yang menampilkan jendela "algebra, CAS, dan spreadsheet".

Untuk membuat sebuah matriks, dimulai dari mengetikkan elemen-elemen matriks pada lembar spreadsheet. Misalkan kita akan membuat matriks seperti di bawah ini.

Tuliskan elemen-elemennya pada lembar spreadsheet sesuai dengan baris dan kolomnya, Setelah selesai, blok-lah elemen-elemen tersebut, kemudian klik kanan dan pilih "create matrix". Secara otomatis akan tampil pada jendela algebra matriks yang dibuat tersebut.

Untuk melakukan operasi pada matriks, bisa kita manfaatkan fitur CAS. Misal, akan dicari determinan dari matriks tersebut maka pada menu CAS ketikkan Determinant[matrix1], secara otomatis akan menampilkan nilai determinan dari matrix1 yang telah dibuat.

Untuk mencari invers-nya, cukup ketikkan Invert[matrix1] maka secara otomatis akan menampilkan invers dari matrix1.

Untuk penjumlahan dan perkalian, lakukan seperti operasi penjumlahan dan perkalian matriks biasa.
Coba gunakan sebagai latihan operasi berikut ini:

matrix1+matrix1
matrix1*matrix1

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.
Download file Matriks di sini

0 comments:

Post a Comment