November 23, 2016

Mahasiswa Pendidikan Matematika Wajib Menguasi GeoGebra


Mahasiswa Pendidikan Matematika saat ini haruslah menguasai software-software matematika yang nantinya dapat mendukung peningkatan kompetensi dari mahasiswa tersebut. Penguasaan software matematika untuk saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan dari setiap mahasiswa pendidikan matematika, hal ini dikarenakan mahasiswa harus dapat menyajikan atau membuat beragam representasi matematika dari konsep-konsep matematika yang dipelajari baik dalam bentuk gambar maupun simulasi.

Sebagai contoh, untuk menampilkan gambar sebuah persamaan bukanlah hal yang sulit ketika mahasiswa tersebut telah menguasai software-nya. Selain itu, melihat tingkat pengembangan teknologi saat ini, sangat dimungkinkan pembelajaran matematika di masa depan akan mengadaptasi penggunaan software-software matematika dalam pembelajarannya. Salah satu software matematika yang saat ini sedang hits adalah GeoGebra. Kalau boleh dikatakan, mahasiswa pendidikan matematika saat ini memang harus menguasai software GeoGebra ini.



GeoGebra merupakan software gratis dan sangat mumpuni sebagai alat bantu matematika, sehingga sangat cocok bagi mahasiswa pendidikan matematika untuk membantu menyelesaikan perkuliahannya. Selain itu ketika telah lulus dan menjadi guru metematika penguasaan software GeoGebra akan sangat membantu dalam tugasnya sebagai guru matematika.

Itulah beberapa point penting yang kami sampaikan dalam rangka mengawali pelatihan GeoGebra di Universitas Muhammadiyah Metro Lampung yang diselenggarakan oleh HIMMAT UM Metro pada tanggal 20 November 2016. Pelatihan ini dilaksanakan sudah yang ke-empat kalinya, yang merupakan salah satu rangkaian agenda kegiatan milad HIMMAT UM Metro.


Dalam pelatihan GeoGebra ini, mahasiswa mempelajari dasar-dasar GeoGebra mulai dari mengenal fitur-fitur dan fungsi tool di GeoGebra, praktik menggambar bebas, praktik menggambar konstruksi, membuat gambar fungsi dari menu input, membuat daerah penyelesaian, integral, hingga akhirnya praktik dimensi tiga. Yang dipelajari memang masih dasar, dengan harapan mahasiswa dapat mengembangkan sehingga pelatihan yang dilaksanakan dapat menjadi bekal pengembangan.


Di sela-sela kegiatan, kami memperoleh informasi bahwa ada mahasiswa semester tujuh yang telah mengikuti pelatihan GeoGebra pada angkatan sebelumnya telah mampu mengembangkan kompetensi penguasaan GeoGebranya menjadi sebuah judul skripsi.

Di akhir kegiatan, kami sampaikan untuk pengembangan GeoGebra mahasiswa dapat memanfaatkan blog http://googebra.blogspot.co.id/ ini untuk belajar lebih lanjut. Semoga blog ini ke depan terus dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin Belajar GeoGebra.


Akhirnya blog Belajar GeoGebra mengucapkan "Selamat dan Sukses untuk Milad HIMMAT UM Metro".

Jika anda tertarik dan berminat Belajar GeoGebra, bisa menghubungi tim blog Belajar GeoGebra melalui WA. 081541350720, kami siap memberikan pelatihan GeoGebra sesuai dengan keperluan Anda.

2 comments:

  1. Di pend. Mat. Undiksha, dari dulu geogebra tidak hanya hrs dikuasai, tetapi hrs digunakan untuk membuat media pembelajaran mat yg eksploratif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok sekali Pak, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan matematika

      Delete