November 9, 2016

Mengenal Perintah "Fit" di GeoGebra

GeoGebra memberikan banyak fasilitas yang dapat kita coba untuk digunakan dengan beragam manfaatnya. Salah satu fasilitasnya adalah perintah "Fit". Menurut terjemahan google "Fit" diterjemahkan sebagai "cocok, sesuai, dan pas", yang jika diterjemahkan dalam kamus besar bahasa indonesia kata "pas" berarti "tepat, tidak lebih tidak kurang, sepadan". Arti kata "fit" tersebut akan kita  lihat berdasarkan penggunaanya di GeoGebra sehingga kita dapat memahami maksud  dari perintah "fit" itu sendiri.

Untuk memahami fungsi perintah fit di GeoGebra, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.
Perhatikan beberapa titik pada gambar berikut:
Gambar 1
Dari beberapa titik tersebut kita dapat membuat sebuah grafik fungsi yang melalui atau mendekati titik-titk tersebut yang sebelumnya harus kita perkirakan bentuk grafiknya. Dari titik-titik pada gambar tersebut, kita dapat memperkirakan beberapa bentuk grafik sebagai berikut:
Gambar 2
Gambar 2 dapat kita perkirakan bahwa fungsinya berbentuk fungsi kuadrat, sehingga dengan menggunakan perintah "Fit" nanti akan diperoleh grafik fungsi kuadrat yang paling bersesuaian atau yang paling mendekati titik tersebut.
Gambar 3


Pada gambar 3 dapat kita perkirakan bahwa fungsinya berbentuk fungsi pangkat 3, sehingga dengan menggunakan perintah "Fit" nanti akan diperoleh grafik fungsi pangkat 3 yang paling bersesuaian atau yang paling mendekati titik tersebut.

Dari beberapa perkiraan grafik fungsi tersebut, kita dapat membuat beberapa grafik dengan menggunakan perintah Fit. Untuk membuatnya, pertama yang harus disiapkan adalah daftar titik-titik yang akan dijadikan acuan pembuatan grafik tersebut.

Untuk membuat daftar titik-titik dapat digunakan fasilitas spreadsheet, yaitu dengan membuat daftar titik-titiknya pada spreadsheet, kemudian tandai semua titik-titik tersebut dan klik kanan kemudian pilih create list , maka akan terbentuk sebuah daftar titik-titik dengan nama list1 atau kondisional tergantung dari situasi pekerjaan saat membuatnya.
Gambar 4


Selanjutnya, mari kita gunakan perintah "Fit" untuk membuat grafik fungsi kuadrat yang bersesuaian dengn titik-titik yang telah dibuat tadi dengan mengetikkan perintah:
"Fit[list1, {x², x}]" pada menu input, hasilnya akan diperoleh grafik fungsi sebagai berikut:


Gambar 5
Untuk membuat grafik fungsi pangkat 3 yang bersesuaian dengn titik-titik yang sama kita ketikkan perintah:
"Fit[list1, {x³, x}]" pada menu input, hasilnya akan diperoleh grafik fungsi sebagai berikut:
Gambar 6
Dari kegiatan tersebut, kita sudah dapat menyimpulkan dan memahami maksud dari fungsi "Fit" bukan?


0 comments:

Post a Comment