November 24, 2016

Mensketsa Grafik Persamaan Nilai Mutlak

Pada postingan kali ini, kita akan menanggapi sebuah pertanyaan dari salah satu pembaca blog yang berasal dari Bekasi. Pertanyaannya adalah bagaimana menyelesaikan soal sebagaimana tertera pada gambar di kegiatan 1.4 menggunakan GeoGebra.


Untuk membahasnya, pertama mari kita ingat kembali tentang apa itu nilai mutlak? Untuk itu mari kita baca terlebih dahulu postingan blog ini tentang nilai mutlak di: Nilai Mutlak.

Selanjutnya, untuk menyelesaikan kegiatan 1.4 di atas, kita hanya mengganti kertas grafik atau kertas berpetak menggunakan media GeoGebra berikut:
Kemudian buatlah grafik fungsi nilai mutlak dengan mengetikkan di menu input f(x)=abs(x+4) dan juga y =8. Setelah itu carilah titik potong antara kedua grafik menggunakan tool Intersect, kemudian bacalah absis titik potongnya yang merupakan penyelesaian persamaan nilai mutlak |x+4|=8.

Untuk penyelesaian secara aljabar, kita dapat menggunakan perintah solutions di CAS. Cara menggunakan perintah solutions dapat dibaca pada postingan: 


Untuk masalah pada kegiatan 1.4 ketikkan langsung solutions(abs(x+4)=8) di CAS, maka hasilnya akan langsung diperoleh, selanjutnya untuk analisis bisa mengikuti langkah-langkah pada lembar kegiatan.

Demikian yang dapat kita posting untuk menanggapi pertanyaan terkait kegiatan 1.4, agar lebih jelas dapat melihat tutorial berikut:

Terimakasih untuk kunjungan dan kepercayaannya pada blog kami, jika masih ada hal-hal yang kurang jelas kami siap membantu para pembaca mengenai beragam masalah GeoGebra.
Salam Pendidikan Matematika.

0 comments:

Post a Comment