Mengenal Titik Pada Sistem Koordinat Kartesius

Sistem Koordinat Kartesius mempunyai peranan cukup penting dalam matematika, khususnya geometri dan aljabar. Istilah "Kartesius" sendiri digunakan untuk mengenang jasa dari seorang ahli matematika perancis yakni "Descartes" yang telah berperan penting dalam menggabungkan antara aljabar dan geometri. Dengan menggunakan sistem koordinat kartesius bentuk-bentuk geometri dapat disajikan dalam bentuk persamaan aljabar.

Sistem koordinat kartesius awalnya digunakan hanya pada sistem bidang dua dimensi, namun selanjutnya dikembangkan untuk sistem ruang atau tiga dimensi. Sistem koordinat kartesius untuk sistem bidang diperlukan dua buah garis yang saling tegak lurus yaitu sumbu x dan sumbu y.

Di GeoGebra versi 6, tampilan sistem koordinat kartesius untuk dua dimensi terlihat seperti gambar berikut:

Sedangkan untuk tampilan tiga dimensi terlihat seperti gambar berikut:


Sebelum melanjutkan teknik membuat sebuah titik menggunakan geogebra versi 6, kami harapkan membaca kembali beberapa postingan terdahulu yang telah membahas masalah titik menggunakan geogebra versi lama pada link INI.



Pada dasarnya untuk pembuatan titik menggunakan geogebra versi 6 tidaklah berbeda dengan versi sebelumnya, cukup klik icon titik pada menu toolbar kemudian klik di bidang kartesius maka titik yang diinginkan telah sukses dibuat.

Teknik lain adalah dengan menggunakan input langsung, misalnya akan dibuat titik B (-2,3), pada menu input langsung ketikkan saja B=(-2,3) secara otomatis akan tergambar sebuah titik B (-2,3) pada bidang kartesius.

Titik yang dibuat dapat dipindahkan dengan mendrag-nya ke arah manapun, cara ini dapat digunakan untuk menjelaskan tentang perubahan koordinat pada sebuah titik yang terdiri dari dua bilangan yaitu  koordinat x (absis) dan koordinat y (ordinat) dari titik tersebut.

Agar lebih jelas simak tutorial geogebra 6 pada chanel youtube berikut:

Untuk versi mobile (android) dapat melihat pada vidio tutorial geogebra khusus android berikut:

Jika tampilan vidio kurang jelas atau sangat kecil, dapat langsung menonton pada chanel Youtube kami berikut: Chanel Youtube Tutorial GeoGebra Versi 6


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama