January 5, 2018

Segiempat Konkaf

Pada pembelajaran matematika terkait geometri kita sudah mengenal bangun geometri yang bersifat konveks. Maksud dari konveks ini secara sederhana diartikan sebagai bangun datar yang memiliki diagonal didalam bangun datar tersebut. Contoh yang sudah kita kenal ada segitiga, jajargenjang, persegi panjang, persegi dan lain sebagainya.

Selain bersifat konveks, ada bangun datar yang bersifat non konveks yaitu konkaf, dan refleks. Pada segi empat juga terbagi menjadi 3 jenis, yaitu konveks, konkaf dan refleks. Pada postingan ini akan kita bahas tentang segi empat konkaf.

Menurut Sumardyono (dimuat pada buletin LIMAS edisi 27 Mei 2011 halaman 29) segiempat konkaf adalah segiempat tertutup sederhana yang non konveks, yaitu segiempat tertutup sederhana yang memiliki sifat terdapat dua titik pada interior sedemikian hingga ruas garis yang menghubungkan kedua titik, tidak semuanya berada di interior segiempat.



Pengertian tersebut selanjutnya dapat juga diartikan bahwa segiempat konkaf adalah segiempat yang memiliki diagonal di luar interior bangun tersebut atau segiempat yang memiliki sudut interior lebih dari 180 derajat.

Segiempat konkaf bentuknya mirip dengan hurf V atau bumerang atau tanda centang. Dengan menggunakan GeoGebra kita dapat mendesaian atau menggambar berbagai bentuk segiempat konkaf seperti berikut ini:




Pada tulisan selanjutnya akan dibahas tentang:

Sifat-Sifat Segiempat Konkaf

Berikut contoh segiempat konkaf dengan menggunakan GeoGebra:



0 komentar:

Post a Comment