February 19, 2018

Tool Tangents Untuk Menentukan Persamaan Garis Singgung Lingkaran

Penggunaan garis singgung lingkaran dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sering dijumpai dan sangat bermanfaat. Pada mesin-mesin yang digunakan sehari-hari dapat kita jumpai contoh penggunaan garis singgung lingkaran. Mesin mobil misalnya, mesin ini menggunakan fan belt dan terhubung dengan pulley yang dapat diibaratkan sebagai garis  singgung lingkaran (Fan belt dapat dimisalkan sebagai garis yang menyinggung lingkarannya (pulley)). Jika fan belt kendor maka kinerja mesin akan terganggu, dalam hal ini berarti fan belt tidak membentuk sebuah garis singgung yang sempurna.

Melihat begitu penting dan banyak kegunaan garis singgung lingkaran ini, masalah persamaan garis singgung lingkaran menjadi salah satu materi penting dalam pembelajaran matematika yang dimulai dari pengenalan garis dan lingkaran sejak di jenjang dasar (SD). Masalah persamaan garis singgung lingkaran sebenarnya sudah pernah dibahas pada blog ini, oleh karenanya disarankan untuk membaca ulang tulisan tersebut pada link berikut: http://googebra.blogspot.co.id/2015/12/persamaan-garis-singgung-di-sebuah.html
Tulisan ini merupakan lanjutan dari yang telah ditulis terlebih dahulu, sehingga sangat penting untuk membaca ulang tulisan tersebut.

Ada dua hal yang mendasari persamaan garis singgung lingkaran yaitu:

  • Persamaan garis singgung lingkaran pada sebuah titik pada lingkaran tersebut
  • Persamaan garis singgung lingkaran pada sebuah titik di luar lingkaran tersebut
Untuk menentukan persamaan garis singgung lingkaran akan digunakan tools tangents yang ada di GeoGebra.
Gambar tools tangents


Disini akan dicontohkan cara menentukan persamaan garis singgung lingkaran $x^2 + y^2=4$ dari sebuah titik koordinat (3,4).  Untuk menentukan persamaan garis singgung lingkaran tersebut ikuti petunjuk penggunaan geogebra berikut ini:
  1. Buka GeoGebra, tampilkan jendela aljabar dan sumbu koordinat xy
  2. Buatlah lingkaran $x^2 + y^2 = 4$ (membuatnya dapat menggunakan tools lingkaran atau input persamaan secara langsung)
  3. Buatlah sebuah titik koordinat (3,4) (membuatnya dapat menggunakan tools titik atau input koordinat titik secara langsung)
  4. Pilih menu tools tangents kemudian klik titik (3,4) dilanjutkan dengan lingkarannya
  5. Garis singgung dan persamaan garis singgungnya akan otomatis terbentuk 


Perhatikan hasil dari langkah-langkah menentukan persamaan garis singgung lingkaran di atas pada sheet GeoGebra berikut ini:

Selain itu, silahkan lihat vidio tutorialnya berikut (jangan lupa subcribe di chanel-nya):

Demikian tutorial tentang persamaan garis singgung lingkaran, silahkan ikuti petunjuk di atas dan jika ada hal yang akan didiskusikan silahkan isi form komentar di bawah ini.
Selamat mencoba!!!

0 komentar:

Post a Comment