Menentukan Daerah Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linier

Setelah beberapa postingan tentang penyelesaian program linier, strategi penyelesaian program linier dengan garis selidik, serta penyelesaian sistem persamaan linier tiga variabel, kali ini kita akan menggunakan GeoGebra untuk menyelesaikan sistem pertidaksamaan linier dua vaiabel. Penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel merupakan daerah penyelesaian yang memenuhi beberapa pertidaksamaan sekaligus. Menggunakan GeoGebra, daerah penyelesaian yang dimaksud dengan mudah ditentukan dan digambar.

Secara manual, penyelesaian sistem pertidaksamaan dapat menggunakan beberapa langkah yang awalnya dimulai dari menggambar garis persamaan linier, kemudian menentukan daerah penyelesaian masing-masing pertidaksamaan linier dan terakhir menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaannya dengan cara melihat irisan daerah dari masing-masing pertidaksamaan linier yang menyusunnya.

Tanpa maksud meninggalkan cara-cara manual, GeoGebra dapat kita manfaatkan untuk menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier hanya dengan sebuah ketikkan di menu input. Sebagai contoh kita akan menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linier berikut:
4x + 5y ≤ 20
3x + y ≥ 6
x + 3y ≥ 6

Untuk menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan tersebut, ketikkan langsung di menu input:
(4x + 5y ≤ 20) ∧ (3x + y ≥ 6) ∧ (x + 3y ≥ 6)
Secara otomatis akan terlihat daerah penyelesaiannya sebagai berikut:

Tanda ∧ bukanlah tanda topi (^) pada keyboard namun mengambil simbol ∧ (dan) dari simbol matematika yang ada.

Agar lebih mudah saksikan tutorial vidio berikut:


Bagaimana? Mudah bukan...., selamat mencoba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama