Cara Custumize Toolbar di GeoGebra

Apa itu Custumize Toolbar? Custumize Toolbar merupakan penyusunan ulang atau penataan ulang toolbar dari toolbar standar menjadi toolbar yang disesuaikan dengan keperluan pengguna (user). Di GeoGebra penggunaan custumize toolbar dapat digunakan untuk mempelajari atau mengkonstruksi konsep matematika dengan hanya beberapa alat (tool) yang disedaikan.

Misalnya akan membuat konstruksi segitiga sama kaki, maka toolbar yang disajikan cukup Point on Object, Circle with center and radius, Polygon dan Move serta Delete. Hal ini bertujuan agar aplikasi, atau file yang dibagikan kemudian dapat digunakan untuk dieksplorasi lebih lanjut atau  digunakan untuk berlatih membuat konstuksi segitiga sama kaki tanpa berpikir menggunakan tool lain, namun cukup menggunakan tool yang sudah ditentukan.

Berikut cara Custumize Toolbar di GeoGebra:
  1. Klik garis tiga disebelah kanan atas, kemudian pilih Tools dan klik Custumize Toolbar


  2. Kita akan berada pada lembar custumize toolbar yang menyajikan dua kolom, kolom sebelah kiri adalah kolom toolbar dan kolom sebelah kanan adalah kolom tools


  3. Kolom toolbar memuat tool yang akan ditampilkan (dicustumize), sedangkan kolom tools memuat berbagai tool yang tidak ditampilkan.
  4. Klik dan drag beberapa tool dari kolom toolbar ke kolom tools untuk menyembunyikan/tidak menampilkan tool yang dimaksud, sebaliknya jika ingin menampilkan tool dari kolom tools klik dan drag tool yang dimaksud ke arah kolom toolbar.
  5. Klik Aply untuk menyelesaikan custumize toolbar, atau klik Restore Default Toolbar untuk mengembalikan seperti toolbar semula.

Sebagai contoh dan juga latihan, seperti tampil pada GeoGebra Activity konstruksi segitiga sama kaki berikut:


Vidio Tutorial:

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

2 Komentar

  1. Terima kasih pak, sangat membantu tutorialnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah semoga bermanfaat bagi para pengguna GeoGebra

      Hapus
Lebih baru Lebih lama