October 18, 2014

Membuat Kubus dengan Mudah dan Cepat

GeoGebra 5 yang telah resmi dirilis sejak bualan September 2014 yang lalu memberikan kemudahan bagi user untuk mengkonstruksi bangun ruang (baca tulisan tentang GeoGebra 5). Salah satu kemudahan yang diberikan adalah membuat gambar kubus. Untuk menggambar kubus ini cukup hanya dengan dua kali klik saja maka kubus yang diinginkan sudah terbentuk.

Sebelum memulai, pastikan bahwa GeoGebra yang digunakan adalah GeoGebra 5 ke atas. Bagi yang belum mengupgrade dipersilahkan untuk mendownloadnya pada link yang tersedia di side bar blog ini, kemudian lakukan instalasi sebagaimana biasa (baca tulisan tentang Insatalasi GeoGebra 5). Ketika user akan menggambar kubus, kami sarankan user berada pada area 3 dimensi seperti gambar di bawah:
Gbr. 1. Area Kerja 3 Dimensi
Selanjutnya, klik tool yang memuat icon cube, seperti gambar berikut

Gbr. 2. Tool yang Memuat Icon Cube
Kemudian klik dua buah titik dengan jarak sesuai dengan panjang rusuk kubus yang diinginkan, secara otomatis kubus telah terbentuk.
Gbr. 3. Kubus yang dibuat dengan Dua Kali Klik saja

 Untuk selanjutnya lakukan editing seperlunya untuk merubah tampilan yang diharapkan, misalnya seperti gambar 4 berikut:
Gbr. 4. Kubus Hasil Editing Sederhana
Demikian tutorial singkat ini, selanjutnya pada tulisan yang akan datang akan ditampilkan tutorial yang lain lagi tentang dimensi tiga ini. Silahkan simak pelengkap tutorial ini pada video berikut:

0 comments:

Post a Comment