Volume Benda Putar

Salah satu contoh penggunaan integral adalah dapat digunakan untuk menghitung volume dari benda putar. Benda putar yang terbentuk dari sebuah kurva atau lebih pada interval tertentu dapat dihitung volumenya menggunakan integral.

Bentuk benda putar yang terjadi dapat bervariasi, tergantung dari jenis kurva pembentuknya. Berdasarkan pengalaman, kerap sekali siswa jenjang SMA mengalami kesulitan dalam mengabstraksikan bentuk benda putar yang ada.

Penggunaan GeoGebra dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu memberikan visualisasi bentuk benda putar yang terjadi. Teknik pembuatan simulasi benda putar telah diposting pada beberapa postingan antara lain: Membuat Simulasi Volume Benda Putar dan Simulasi Benda Putar Versi 2.

Salah satu contoh simulasi benda putar dapat dilihat pada lembar GeoGebra di bawah ini:




GeoGebra hanyalah sekedar alat bantu, skenario pembelajaran masih sangat diperlukan agar penggunaan GeoGebra dapat mencapai tujuan yang diperlukan. Selamat berkreasi, semoga kesuksesan selalu menyertai kita.

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

2 Komentar

  1. rasanya ini bukan benda putar yg pejal (padat) ini adalah luas permukaan suatu benda putar. kalau benda putar maka suatu penampang yang diputar, bukan kurvanya yang diputar, semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali hanya Sekedar simulasi benda putar, memang tidak dikatakan sebagai benda putar yang pejal (padat) karena benda putar dalam kehidupan sehari-hari tidak semuanya dalam bentuk pejal, misal pot bunga yang, penampung air dan lainnya. Yang pejal ada sendiri sepertinya

      Hapus
Lebih baru Lebih lama