January 15, 2017

Penyelesaian Pertidaksamaan Logaritma

Logaritma biasa didefinisikan sebagai invers dari perpangkatan atau eksponen. Soal-soal yang bertema logaritma kerap dikeluarkan dalam soal-soal ujian matematika, baik ujian sekolah, nasional maupun ujian seleksi masuk perguruan tinggi atau seleksi yang lain. Jika pemahaman tentang konsep pangkat sudah cukup baik, untuk memahami konsep logaritma akan menjadi lebih mudah.

Konsep logaritma dan penyelesaian soal logaritma tentu sudah dipelajari di sekolah baik dengan cara yang biasa maupun dengan cara cepat yang diistilahkan dengan smart solution atau yang semakna dengan hal tersebut.

Sesuai dengan tema blog ini yang mengangkat tema utama penggunaan GeoGebram, maka pada postingan kali ini akan disajikan bagaimana trik menyelesaikan soal pertidaksamaan logaritma menggunakan geogebra. Trik ini disajikan bukan untuk menggantikan cara-cara manual dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan logaritma, namun hanya sekedar alat pembanding dan membantu mengoreksi jawaban atau kunci jawaban dari sebuah soal pertidaksamaan logaritma. Selain itu, triks ini juga bermanfaat bagi mereka yang akan membuat soal bertema logaritma untuk mendapatkan jawaban praktis dan tepat dari soal yang akan dibuatnya.

Untuk menerapkan triks ini, mari kita lihat dan kerjakan beberapa soal yang sempat dikeluarkan dalam ujian nasional SMA berikut ini menggunakan geogebra. Sebelumnya buka terlebih dahulu program geogebra dengan tampilan utama adalah CAS.



Untuk menyelesaikan soal di atas, ketikkan pertidaksamaan logaritmanya pada lembar CAS di GeoGebra dengan:
log(1/3, (x+sqrt(3)))+log(1/3, (x-sqrt(3)))>0
Kemudian enter dan klik tanda x= pada tools bar atas, maka jawaban akan ditampilkan, dan tinggal memilih sesuai dengan opsi yang ada. Saran kami, kerjakan juga dengan manual sebagai pembanding dan latihan.
Untuk soal nomor dua, lakukan langkah yang sama dengan mengetikkan:
log(1/3, (3x^2+x))<log(1/3, 8-x)

Soal nomor tiga ketikkan:
log(1/4, (x^2+3x+2))>log(1/4, 5x+5)

Jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar maka akan diperoleh jawaban sesuai dengan pilihan yang tersedia. Sebagai pembanding praktik para pembaca blog ini, coba perhatikan hasil penyelesaian dari soal-soal tersebut yang telah diselesaikan berikut:

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Vidio tutorialnya dapat disimak berikut ini:

Posted in

0 comments:

Post a Comment