Limas

Dalam geometri, limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga (wikipedia). Penamaan limas mengikuti bentuk alasnya, misal alasnya berbentuk segi lima beraturan, maka limas tersebut dinamakan limas segi lima beraturan.
Khusus limas dengan alas persegi, limas ini dinamakan dengan istilah piramida.

Selain alas dan sisi tegak, limas memiliki puncak dan tinggi. Jarak terpendek dan tegak lurus dengan titik potong pada bidang alasnya dinamakan tinggi limas. Tinggi limas yang dimiliki diperoleh dari puncak limas ke sisi alasnya.

Tutorial kali ini, kita akan menunjukkan bagaimana cara menggambar atau membuat limas pada GeoGebra. Dasar dari pembuatan limas ini, adalah alas  limas yang akan dibuat. Misalnya kita akan membuat limas segi empat beraturan, maka yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah alas berbentuk segi empat yang beraturan. Untuk membuat alas, dapat digunakan tool polygon baik yang beraturan maupun polygon bebas.

Berikut ini dapat disimak video tutorial membuat limas.



Tetap setia kunjungi blog ini, karena kami akan tetap berikan tips, triks dan tutorial seputar GeoGebra secara bertahap dan lengkap. 


Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama