Merujuk dari wikipedia bahwa sebuah benda putar adalah sebuah gambar benda diperoleh dengan memutar sebuah kurva bidang sepanjang garis lurus (sumbu edar) yang terletak pada bidang yang sama. (https://id.wikipedia.org/wiki/Benda_putar).
Pada beberapa postingan terdahulu telah dijelaskan berbagai cara membuat simulasi benda putar menggunakan GeoGebra. Namun, seiring dengan update program, maka semakin memudahkan untuk membuat sebuah simulasi benda putar. Pada postingan kali ini kita akan menggunakan rumus/perintah Surface dengan bentuk baku perintah adalah sebagai berikut:
Surface(Curve,Angle,Line)
Penjelasan singkat dari perintah diatas adalah:
- Surface: Perintah yang akan membuat sebuah permukaan dari sebuah kondisi yang disediakan
- Curve: Kurva/Fungsi yang akan diputar menjadi bentuk benda putar
- Angle: Sudut putar yang digunakan untuk memutar kurva
- Line: Sumbu putar yang dijadikan acuan sebagai pusat putaran
Untuk praktik membuat simulasi benda putar, kita akan menggunakan aplikasi GeoGebra secara online yaitu 3D Calculator sebagai berikut:
- Buka aplikasi 3D Calculator di: https://www.geogebra.org/3d
- Buat sebuah fungsi yang akan dijadikan model benda putar dengan mengetikkan pada menu input, misalnya 2sin(x)
- Tentukan batasan fungsi yang akan diputar sehingga terbentuk sebuah kurva dari fungsi 2sin(x), misalnya kita akan memutar fungsi yang dibatasi dari nilai 1 sampai 2 pada sumbu x-nya. Maka ketikkan pada menu input: If(1<x<2, f(x)). Maka terbentuk sebuah kurva baru misal g(x).
- Buat sebuah slider dengan mengetikkan sebuah variabel misal n, dan masukkan nilai slider 0deg dan 360deg dengan tingkat perubahan (increement) 0.1deg.
- Pada menu input ketikkan Surface(g,n,xAxis), maka benda putar dapat terbentuk dengan cara menggeser slider n.
Sebagai contoh dapat dilihat sebagai berikut:
Selamat mencoba!!!
Tags
benda putar