December 19, 2014

Konstruksi Bangun Ruang

Penggunaan media matematika akan membantu memberikan kemudahan dalam memahami konsep-konsep matematika. Konsep matematika akan semakin bermakna jika konsep tersebut dipelajari menggunakan cara-cara yang lebih dekat dalam kehidupan nyata. Peran media untuk menjebatani antara konsep matematika dan kehidupan nyata sehingga konsep yang dipelajari menjadi lebih bermakna sangatlah penting. Media hanyalah sebuah alat, dimana alat tersebut tidak akan bermanfaat jika yang menggunakannya belum ahli atau belum paham kegunaan alat tersebut. Demikian juga dengan GeoGebra, Geogebra tidak akan berfungsi maksimal untuk digunakan sebagai media jika user/pengguna GeoGebra tersebut belum mampu menggunakannya.

Seorang guru matematika dapat menyuguhkan sebuah pengalaman belajar yang berbeda bagi siswanya dengan memberikan sebuah rancangan pembelajaran dengan menggunakan GeoGebra sehingga siswa dapat belajar konsep matematika dengan lebih bermakna sekaligus mengasah kemampuan/keahliannya menggunakan GeoGebra.

Penugasan untuk membuat sebuah konstruksi rumah dengan menggunakan GeoGebra dapat dijadikan sarana untuk melatih siswa belajar dan menggunakan konsep-konsep geometri. Pembuatan konstruksi rumah memerlukan berbagai hubungan dalam geometri, geometri ruang maupun datar. Siswa diberikan kebebasan kreasi untuk membuat konstruksi rumah yang diidamkan. Setelah selesai siswa diharapkan menceritakan konsep matematika apa saja yang digunakan untuk membuatnya.
Contoh ringan dapat dilihat sebagai berikut

0 comments:

Post a Comment