Membuat Simulasi Vektor di R3 Menggunakan GeoGebra

Sebagaimana diketahui bahwa vektor berbeda dengan titik, walaupun terkadang penulisannya sama. Vektor merupakan besaran atau lintasan yang mempunyai arah dan panjang tertentu, sedangkan titik merupakan koordinat yang menyatakan sebuah lokasi atau letak.
Gambar 1. Vektor dan Titik Koordinat
Dalam matematika dikenal adanya vektor di R2 dan vektor di R3. Vektor di R2, merupakan bahasan vektor yang disajikan dalam bidang atau dimensi 2. Vektor di R3 merupakan lanjutan dari vektor di R2, yaitu penyajian vektor pada ruang dimensi 3. Namun pada prinsipnya sama, vektor di R2 koordinat ketiga atau sumbu z dianggap tidak ada atau nol, sedangkan vektor di R3 koordinat pada sumbu z diperhitungkan. Hal ini dapat dilihat pada gambar 1 di atas.

Untuk menjelaskan konsep vektor di R3 diperlukan alat atau media yang dapat mempresentasikan kondisi vektor di R3. Sejalan dengan tema blog ini, maka vektor di R3 dapat dibuatkan simulasi di R3 sebagai representasi vektor di R3 dengan menggunakan GeoGebra. Dengan menggunakan geogebra, dosen, mahasiswa, guru maupun murid dapat dengan mudah membuat simulasi vektor di R3 dengan mudah, seperti contoh dibawah ini:

Untuk membuat simulasi seperti contoh di atas, perhatikan langkah-langkah membuat simulasi vektor di R3 menggunakan geogebra berikut ini.

  1. Buka geogebra secara offline maupun online (https://www.geogebra.org/classic)
  2. Buat tiga buah slider, misal slider a, b, dan c.
  3. Tampilkan jendela 3 dimensi dan jendela CAS serta sembunyikan jendela grafik 2D-nya
  4. Pada menu input aljabar, ketikkan Vector((a,b,c))
  5. Untuk melihat perubahan vektor bisa menggeser slider a, b, dan atau c
Selamat mencoba, jika masih mengalami kesulitan simak dalam vidio tutorial berikut:

Terimakasih, mohon support blog ini dengan like dan share serta subcribe di channel kami. 

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama