January 17, 2016

Membuat Gambar Arsiran Suatu Daerah

Selain dituntut mahir materi matematika, seorang guru matematika sebaiknya juga menguasai kompetensi menulis dan menggambar matematika menggunakan bantuan komputer. Hal ini diperlukan minimal ketika membuat soal matematika, guru tersebut mampu menuangkannya dalam bentuk ketikkan dan gambar matematika yang sesuai dengan kaidah matematika. Berdasarkan pengalaman yang saya temui, ada beberapa guru matematika yang mengalami kesulitan ketika harus membuat gambar untuk melengkapi teks materi maupun teks soal. Salah satu kesulitan yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara membuat gambar yang suatu daerahnya diarsir? Contohnya seperti gambar berikut:
Gambar 1
Sebenarnya, banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat gambar seperti di atas. Semuanya tergantung dari penguasaan seseorang terhadap aplikasi atau program komputer yang ia kuasai. Di GeoGebra untuk menggambar arsiran seperti contoh di atas, sebenarnya tidak terlalu rumit. Pada umumnya untuk menggambar arsiran suatu daerah, pertama kali yang harus diperhatikan adalah tujuan membuat arsiran tersebut. Bertujuan untuk menjelaskan sebuah konsep dengan bantuan GeoGebra atau hanya sekedar untuk memproduk gambar kemudian disisipkan pada lembar word, powerpoint, dan yang lainnya.

Untuk tahap awal, biasanya hanya sekedar memproduk/membuat gambar yang kemudian disisipkan pada lembar lain. Untuk tujuan semacam ini, penggunaan konsep matematika yang benar pada GeoGebra dapat sedikit diabaikan. Nah pada postingan kali ini, kita akan membuat gambar dengan tujuan disisipkan pada lembar lain saja, sehingga konsep yang benar akan sedikit ditinggalkan. Namun para pembaca sebaiknya membaca juga artikel Penyelesaian Program Linear dan Luas Daerah Antara Dua Kurva, agar memperoleh gambaran tentang konsep yang benar itu seperti apa.

Untuk sekedar membuat gambar arsiran, gunakan saja tool Polygon. Misal kita akan membuat seperti Gambar 1. Terlebih dahulu gambar kurva-kurvanya terlebih dahulu, dengan cara mengetik langsung pada menu input x^2-2x+1, kemudian tekan enter. Selanjutnya ketikkan lagi 7-x dan jangan lupa enter kembali, sehingga akan terbentuk gambar berikut:
Gambar 2
Selanjutnya buat daerah yang akan diarsir menggunakan Polygon, hasilnya seperti berikut:
Gambar 3
Selanjutnya, pada gambar polygon yang terbentuk, klik kanan dan pilih Object Properties. Di dalam menu Object Properties Pilihlah Style, dan ubah Fillingnya dari Standar menjadi Hacthing.
Gambar 3
Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut:
Gambar 4
Agar gambar tampak rapi, sembunyikan titik dan segmen pada poligon tadi, dengan cara klik kanan pada point dan segment kemudian  klik show object.
Gambar 5
Gambar 6
Hasilnya akan tampak seperti ini:
Gambar 7
Untuk menyisipkannya di lembar lain, klik file pilih Esxport dan klik Graphics View to Clipboard, kemudian paste-kan di lembar lain (misal word, power point atau lainnya). Untuk lebih jelas dapat membaca artikel Menggunakan GeoGebra untuk Melengkapi Teks Matematika di Office. Selamat mencoba dengan menggunakan gambar-gambar yang lain, semoga berhasil.






0 comments:

Post a Comment