November 27, 2016

Irisan Kerucut


Materi irisan kerucut merupakan salah satu materi pembelajaran matematika untuk jenjang SMA yang membahas tentang lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola. Materi irisan kerucut pada kurikulum 1994 sempat dikurangi content materinya, dan hanya dibahas secara implisit dengan materi lingkaran dan parabola yang mana pada kurikulum sebelumnya content materi irisan kerucut juga telah membahas elips dan hiperbola.

Pada kurikulum 2013, materi irisan kerucut dimunculkan kembali dengan membahas secara khusus pada lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola. Saya masih teringat pembelajaran di SMA ketika belajar irisan kerucut pada tahun 1997, guru matematika saya pada saat itu menjelaskan maksud irisan kerucut dengan menggambarkan sebuah kerucut yang diiris oleh sebuah bidang dengan beberapa posisi sehingga menghasilkan bentuk lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola. Media pada saat saya belajar waktu itu sangat terbatas sehingga penjelasan hanya dengan digambar, dan ternyata sampai saat ini saya masih mengingatnya.

Untuk saat ini, beragam media dapat digunakan untuk mensimulasikan irisan kerucut dengan mudah dan lebih menarik. Pada postingan kali ini, akan menyajikan bagaimana cara membuat simulasi irisan kerucut menggunakan GeoGebra. Berikut beberapa langkah dasar yang perlu dilakukan untuk membuat simulasi irisan kerucut menggunakan GeoGebra:


  1. Buat bidang yang melalui tiga buah titik
  2. Buat dua slider, slider pertama untuk number (misal slider b) slider kedua untuk sudut (misal slider α)
  3. Buat sebuah titik misal D=(0,0,b) dan vektor yang dimulai dari titik (0,0,0) dan D
  4. Translasikan bidang yang telah dibuat searah dengan vektor yang dibuat.
  5. Buat sebuah garis yang berhimpit dengan salah satu sumbu (bisa x atau y)
  6. Rotasikan bidang hasil translasi searah dengan garis yang dibuat dengan sudut putarnya adalah α
  7. Sembunyikan semua titik dan bidang kecuali bidang terakhir yang merupakan hasil rotasi
  8. Buat sebuah kerucut atau dua kerucut, kemudian buat irisannya
  9. Simulasikan dengan menggeserkan slider yang dibuat
Agar lebih jelas perhatikan vidio tutorial berikut:

Tutorial selanjutnya dapat dilihat di bawah ini:



Tutorial yang disajikan  di atas merupakan langkah dasar dan sederhana, sangat dimungkinkah langkah-langkah tersebut dimodifikasi agar simulasi yang disajikan lebih lengkap dan interaktif. Selamat mencoba dan semoga sukses untuk kita semua.

0 comments:

Post a Comment