November 3, 2016

Lingkaran Luar dan Dalam Segitiga

Di matematika kita mengenal istilah lingkaran dalam dan lingkaran luar. Istilah ini digunakan pada lingkaran yang dibuat atau dikonstruksi dari sebuah segitiga, sehingga lingkaran yang berada di dalam segitiga dinamakan lingkaran dalam segitiga dan lingkaran yang didalamnya terdapat segitiga dinamakan lingkaran luar segitiga.

Namun, apakah lingkaran yang berada di dalam segitiga pasti disebut sebagai lingkaran dalam segitiga? Ataukah lingkaran yang didalamnya terdapat segitiga dipastikan sebagai lingkaran luar segitiga?

Untuk mengetahuinya, mari kita simak cara membuat lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga menggunakan GeoGebra berikut.

Lingkaran Luar Segitiga




Untuk membuat lingkaran luar segitiga, siapkan sebuah segitiga sebarang terlebih dahulu. Kemudian buat dua garis tegak lurus yang berada tepat di tengah sisi dua sisi segitiga. Selanjutnya tentukan titik potong kedua garis tersebut yang akan menjadi titik pusat dari lingkaran luarnya. Langkah berikutnya adalah membuat lingkaran dengan titik pusat tersebut dan melalui ketiga titik sudut segitiganya.

Simak tutorial membuat lingkaran luar dengan bantuan GeoGebra pada vidio berikut:

Lingkaran Dalam Segitiga



Untuk pembuatan lingkaran dalam segitiga, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan sebuah sebarang segitiga. Selanjutnya, tentukan titik pusat lingkaran dalamnya dengan cara mencari titik potong dua garis bagi yang dibentuk dari dua sudut segitiga yang berbeda. Jari-jari lingkaran dalam dapat ditentukan dengan membagi luas segitiga dengan setengah keliling segitiganya. Langkah terakhir adalah membuat lingkaran dengan titik pusat dan jari-jari yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya.

Agar lebih jelas, pelajarilah tutorial membuat lingkaran dalam segitiga berikut ini:

Cara lain membuat lingkaran dalam segitiga bisa menyimak tutorial berikut:


Berdasarkan pembahasan di atas, tentunya kita sudah dapat menyimpulkan tentang lingkaran luar dan dalam sebuah segitiga bukan?

0 comments:

Post a Comment