Simulasi Benda Putar Versi 2

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas tekhnik membuat simulasi volume benda putar menggunakan GeoGebra (Baca tulisannya di sini ). Pada tulisan kali ini akan dibahas tekhnik yang sama namun dengan sedikit tambahan menggunakan beberapa perintah yang telah ditulis juga sebelumnya.

Pada tekhnik kali ini digunakan gabungan perintah Surface dan Sequence. Perintah Surface sebagaimana diketahui digunakan untuk membuat permukaan atau kulit benda putar yang akan dibuat, sedangkan perintah Sequence digunakan untuk membuat barisan objek yang akan diputar.

Yang perlu disiapkan adalah lembar kerja GeoGebra 5 keatas dengan viuw aljabar, 2 dimensi dan 3 dimensi. Misalnya akan dibuat benda putar dari sebuah grafik f(x)=sin(2x + 1), maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Buat grafik fungsi dari f(x) = sin (2x +1) dengan menu input langsung
  2. Buat slider sudut alpha
  3. Buat kulit/permukaan benda putar dengan menggunakan rumus:
    • Surface[a, f(a) cos(b), f(a) sin(b), a, 0, 1, b, 0, α]
  4. Buat barisan kurva dengan menggunakan perintah sequence yang digabungkan dengan perintah curve seperti berikut ini:
    • Sequence[Curve[a, f(a) cos(b), f(a) sin(b), a, 0, 1], b, 0, α, 30°]
  5. Edit seperlunya, maka benda putar telah terbentuk dengan cara menggeser slider sudut alpha
  6. Selamat mencoba

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama