27 Mei 2018

Membuat Irisan Kerucut dengan GeoGebra

Pengembangan GeoGebra sampai saat ini sudah sangat berbeda dengan awal rilis GeoGebra. GeoGebra saat ini telah dapat digunakan di berbagai platform operating system, baik windows, mac, ios, maupun android. Jadi, menjadi sangat penting bagi kita untuk senantiasa mengikuti perkembangan GeoGebra. Perkembangan GeoGebra dapat diakses langsung di website resminya geogebra.org. Namun, bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk mengikuti pada website resminya tersebut, Anda sudah tepat berlangganan dan membaca blog ini. Blog ini berusaha menyajikan perkembangan-perkembangan terkini dari GeoGebra dengan menggunakan sajian sederhana dan berbahasa Indonesia tentunya.

Irisan Kerucut Menggunakan GeoGebra


Baiklah, sesuai dengan judul yang disajikan di atas, kali ini kita akan membahas tentang irisan kerucut. Sebelumnya irisan kerucut telah dibahas pada postingan terdahulu di blog ini, jadi yang belum sempat baca, silahkan baca dulu judul berikut ini ya:


Irisan Kerucut

Macam-macam irisan kerucut yang dipelajari  antara lain:
  • lingkaran
  • elips
  • parabola
  • hiperbola
Macam-macam irisan kerucut tersebut dapat disimulasikan menggunakan GeoGebra. Tujuan membuat simulasi menggunakan GeoGebra adalah memberikan gambaran bagaimana sebuah kerucut yang dilalui oleh sebuah bidang dapat menghasilkan bermacam-macam bentuk seperti lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola. Pengalaman penulis, dahulu waktu belajar irisan kerucut hanya membayangkan dalam ruang imaginasi. Ketika ada sebuah kerucut dipotong oleh sebuah bidang dengan posisi tertentu akan menghasilkan bentuk tertentu, seperti lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola. Dengan cukup membayangkan dalam ruang imaginasi otak ini, waktu itu penulis sudah mampu berabstraksi tentang irisan kerucut.

Untuk saat ini, kemampuan abstraksi irisan kerucut akan lebih mudah karena terbantu dengan melihat sebuah simulasi irisan kerucut melalui beragam multi media yang dipakai oleh guru-guru matematika kita. Salah satu yang dapat digunakan oleh guru-guru matematika yang hebat adalah GeoGebra. Untuk itu, seorang guru matematika harus sudah menginstal GeoGebra pada versi yang paling baru.
Untuk membuat simulasi irisan kerucut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan membuka GeoGebra pada tampilan 3 dimensi
  2. Buat kerucut
  3. Buat bidang yang melalui tiga titik dan berada pada tiga sumbu x, y, dan z
  4. Buat irisan kerucutnya, dan tampilkan dalam bidang 2 dimensi
  5. Lakukan beragam posisi bidang atau kerucut untuk memberikan gambaran real dari bentuk irisan kerucut
  6. Jangan lupa memberikan penjelasan atau memberi tugas diskusi tentang hasil dari irisan kerucut
Langkah-langkah membuat simulasi irisan kerucut di atas, terangkum dalam vidio tutorial membuat irisan kerucut berikut ini: (Jangan lupa klik subcribe, like dan tanda lonceng di Chanel Youtube-nya ya)


Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan smartphone android yang terlebih dahulu diinstal aplikasi 3d Grapher (Aplikasi GeoGebra 3 Dimensi untuk Android). Tutorialnya dapat disimak berikut ini:


Selamat mencoba dan semoga berhasil, hal-hal lain terkait irisan kerucut dapat didiskusikan pada form komentar di bawah ini. Siapapun boleh berkomentar dan menjawab untuk sharing ilmu dan informasi.


0 komentar:

Posting Komentar