8 Juli 2018

Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan GeoGebra

Berbicara masalah bangun, maka kita akan belajar tentang Geometri. Geometri adalah cabang ilmu matematika yang membahas tentang hubungan antara titik, garis, sudut, bidang datar dan ruang. Bidang ruang biasa dikenal dengan istilah bidang tiga dimensi atau bangun ruang.  Beberapa bangun ruang dapat disebutkan berikut ini:
  • Kubus
  • Balok
  • Limas
  • Prisma
  • Tabung
  • Bola
Setiap bangun ruang memiliki volume yang cara menghitungnya berbeda-beda. Dengan GeoGebra setiap bangun ruang yang dibuat secara otomatis akan terukur berapa volume-nya. Misalnya kita membuat sebuah kubus dengan panjang rusuk 2 satuan, secara langsung volume-nya akan terukur 8 satuan volume. Perhatikan gambar berikut ini:

Misalnya kita membuat balok dengan ukuran panjang 3 satuan, lebar 2 satuan dan tinggi 2 satuan, secara otomatis volume akan terhitung 12 satuan volume. Perhatikan gambar berikut:

Sebagai contoh lagi adalah limas dengan alas persegi dengan rusuk 4 satuan dan tinggi limas 3 satuan, secara otomatis volume limas tersebut adalah 16 satuan volume.

Demikianlah beberapa contoh penggunaan GeoGebra untuk menghitung volume bangun ruang. Untuk mengetahui tata cara membuat bangun-bangun ruang, silahkan search di blog ini dengan menggunakan kata kunci bangun ruang yang dimaksud, misal kubus, limas, balok dan lainnya.
Selamat mencoba, jangan lupa kunjungi selalu blog ini untuk mengetahui perkembangan-perkembangan GeoGebra.

0 komentar:

Posting Komentar