Cara Membuat Simulasi Grafik Fungsi Kuadrat

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran matematika di sekolah, dengan demikian diharapkan setiap yang belajar matematika dapat menggunakan fungsi kuadrat menjadi fungsi yang lazim atau umum dalam matematika atau bidang lain. Fungsi kuadrat mulai dikenalkan di sekolah pada jenjang SMP dengan terlebih dahulu mempelajari tentang persamaan kuadrat. Hal-hal yang perlu dikuasai dalam  mempelajari fungsi kuadrat antara lain bagaimana mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, mencari nilai diskriminan, serta menggambar grafik fungsinya.

Berdasarkan wawancara dengan beberapa orang yang pernah belajar matematika, diperoleh kesimpulan masih ada yang mengalami kesulitan untuk menggambar grafik fungsi kuadrat. Kesulitan yang paling umum adalah mereka lupa bentuknya seperti apa. Ketika lupa bentuk grafik fungsi kuadrat, jelas tidak ada gambaran grafik yang akan dibuat. Grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah tergantung dari fungsi kuadratnya.

Dengan menggunakan GeoGebra, kita dapat membuat grafik fungsi kuadrat dengan mudah dan cepat. cukup dengan mengetikkan fungsi kuadratnya maka grafik akan terbentuk secara otomatis. Sebagai contoh seperti gambar berikut:

Selain gambar langsung, dengan GeoGebra dapat juga dibuat sebuah simulasi grafik fungsi kuadrat. Berikut ini langkah-langkah yang dapat digunakan untuk membuat simulasi grafik fungsi kuadrat:

  1. Buat tiga buah slider: a, b, dan c
  2. Buat fungsi kuadrat dengan mengetikkan f(x)=ax^2+bx+c
  3. Gerakkan slider untuk melihat simulasi grafiknya.


Berikut ini ditampilkan hasil pembuatan simulasi grafik fungsi kuadrat

Dengan menggunakan simulasi semacam ini, grafik fungsi kuadrat yang diperoleh menjadi lebih dinamis sehingga grafik yang diperoleh dapat disesuaikan dengan bentuk fungsi kuadratnya.

Selamat mencoba, dan semoga sukses untuk kita semua.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama