Cara Membuat Simulasi Garis Lurus

Dalam kehidupan sehari-hari, garis merupakan unsur yang umum digunakan. Secara umum dikatakan bahwa bagian yang lurus adalah garis, namun mungkin saja yang dikatakan garis tersebut adalah bagian dari garis yaitu ruas garis. Ya, memang secara umum yang sering kita jumpai dan gunakan sebenarnya adalah ruas garis. Kenapa dikatakan ruas garis? Dikatakan ruas garis karena bagian yang lurus tersebut biasanya dapat diukur berapa panjangnya. Karena dapat diukur panjangnya maka dikatakan ruas garis, sedangkan garis sendiri sebenarnya panjangnya tak terhingga karena garis tidak mempunyai ujung pangkal dan ujung akhir. Yang memiliki ujung adalah ruas garis dan sinar garis.

Di matematika garis dituliskan dalam sebuah persamaan garis yang dikenal dengan persamaan linear. Garis direpresentasikan dalam sebuah persamaan garis dengan bentuk umum y = ax + b.

Untuk menggambar garis, diperlukan dua buah titik koordinat yang ada pada bidang kartesius. Biasanya, dibuat atau dicari titik potongnya pada sumbu x dan sumbu y, Dua buah titik koordinat tersebut kemudian dihubungkan dengan garis lurus.

Dengan menggunakan GeoGebra, garis dapat dengan mudah dibuat dari sebuah persamaan garis. Cukup mengetikkan persamaan garisnya, gambar akan langsung terbentuk. Misalnya untuk menggambar y = 2x -3, cukup ketikkan saja 2x-3 atau y=2x-3,  secara langsung akan terbentuk gambar dari persamaan garis tersebut seperti tampak pada gambar berikut:

Selain membuat langsung gambar, GeoGebra dapat digunakan untuk membuat simulasi garis lurus. Cara membuat simulasi garis lurus menggunakan GeoGebra sebagai berikut:

  1. Buat dua slider, yaitu slider a dan b
  2. Buat persamaan garis dengan cara mengetikkan pada menu input y=ax+b
  3. Geser slider a atau b untuk melihat perubahan garis seiring dengan berubahnya nilai a dan b
Hasil simulasi dapat dilihat pada tampilan GeoGebra berikut ini:

Dengan menggunakan simulasi garis lurus, kita dapat melihat perubahan posisi dan gradien garis dengan merubah nilai a atau b dengan cara menggeser slider a atau b.

Selamat mencoba, semoga sukses untuk kita semua.

2 Komentar

  1. Gan gimana cara supaya ketika slider a atau b digeser garis lurusnya juga bergeser sesuai perubahan slider. Tolong di jawab ya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti langkah2 yang disajikan:
      Buat dua slider, yaitu slider a dan b
      Buat persamaan garis dengan cara mengetikkan pada menu input y=ax+b
      Geser slider a atau b untuk melihat perubahan garis seiring dengan berubahnya nilai a dan b

      Hapus
Lebih baru Lebih lama