Mengenal GeoGebra dalam Mode Exam

Penggunaan GeoGebra sebagai alat bantu pembelajaran matematika saat ini semakin dikembangkan oleh tim pengembang geogebra. Salah satu fitur yang ditambahkan adalah Exam Mode. Dengan kemampuan komputasi aljabar dan geometri dari GeoGebra yang cukup mumpuni, penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran Matematika tentu sangat membantu dalam pemahaman konsep matematika.

GeoGebra dapat digunakan untuk mengkonstruksi konsep matematika, sehingga siswa tidak hanya menggunakan geogebra tanpa mengerti konsep matematika yang dipelajari. Untuk mengetahui apakah siswa menguasai konsep matematika secara benar, perlu diadakan latihan atau ujian.

Karena pembelajaran menggunakan bantuan geogebra, idealnya latihan atau ujian juga menggunakan geogebra. Sebagaimana kita ketahui bahwa geogebra merupakan aplikasi yang dapat diinstal di laptop/komputer serta smartphone. Terkadang ada kekhawatiran jika ujian atau latihan boleh menggunakan geogebra, maka siswa dapat mencari jawaban-nya secara online sehingga sulit dikontrol apakah jawaban tersebut murni dari pemahaman siswa sendiri ataukah hasil pencarian secara online.

Untuk menanggulangi hal ini, kita dapat memanfaatkan GeoGebra dalam Mode Exam. Mode Exam ini, dirancang untuk penggunaan ujian. Soal tentunya harus dibuat sedemikian rupa sehingga siswa dapat memanfaatkan geogebra sebagai alat untuk menyelesaikan soal, kemudian hasil yang dari geogebra dituangkan dalam lembar ujian.
Gambar. Mode Exam Start

Selain itu, pada saat menggunakan Mode Exam, aktifitas siswa akan terekam pada Mode Exam, apakah siswa tersebut tetap berada pada Mode Exam ataukah telah melakukan aktifitas lain diluar lembar GeoGebra. Dalam hal ini, perlu disampaikan bahwa pada saat ujian siswa tidak diperkenankan melakukan aktivitas lain selain aktivitas di lembar GeoGebra. Pada saat selesai, siswa menunjukkan hasil rekaman aktivitasnya. Jika ditemui hasil rekaman melakukan aktivitas diluar lembar GeoGebra, bisa diberikan perlakuan sesuai dengan kesepakatan.
Gambar. Aktivitas GeoGebra Exam

Pelaksanaan ujian atau latihan dapat memanfaatkan laboratorium komputer, sehingga aktivitas siswa dapat terpantau.
Gambar. Contoh Aktivitas Siswa Keluar dari Lembar GeoGebra
Selamat mencoba....

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama