Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra di Era Revolusi Industri 4.0

Geogebra merupakan aplikasi matematika yang bersifat dinamis, interaktif, gratis, serta open source. Peningkatan kemampuan geogebra terus dilakukan oleh para pengembang dari program ini. Program ini menggabungkan antara Geometri dan Aljabar yang bekerja secara bersamaan, sehingga terasa dinamis dan interaktifnya.

Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika menurut pandangan saya merupakan hal yang wajar dan justru sangat membantu dalam konteks penanaman konsep matematika yang benar. GeoGebra ibarat kalkulator geometri, bahkan bisa dikatakan sebagai sebuah kalkulator scient yang cukup lengkap.

Memang masih ada pandangan bahwa jika para siswa belajar menggunakan GeoGebra, dikhawatirkan kemampuan siswa dibidang matematika secara manual menurun drastis. Menurut saya hal ini wajar, karena sistem pembelajaran dan penilaian pembelajaran matematika di tempat kita masih mengutamakan kemampuan manual. Ini terbukti saat pelaksanaan ujian, penggunaan alat elektronik sangat dibatasi. Hal ini tentu sangat bertolak belakang, jika pembelajaran matematika sudah mengadopsi dan menggunakan tekhnologi (didalamnya memanfaatkan GeoGebra) namun pada saat ujian, penyelesaian soalnya tidak diperbolehkan menggunakan bantuan tekhnologi. Hal seperti inilah yang menjadi kekhawatiran dari siswa dan juga guru, ketika pembelajaran matematika sudah full menggunakan tekhnologi tapi sistem ujian membatasi penggunaan tekhnologi, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal ujian sehingga hasil ujian dikhawatirkan rendah atau menurun.

Kondisi seperti diatas, sepertinya kurang sesuai jika disandingkan dengan era Revolusi Industri 4.0 yang saat ini menjadi isu hangat dan memang sudah mulai berjalan. Sebagaimana kita ketahui bahwa Revolusi Industri 4.0 mempunyai ciri:
  1. Robotic Automation
  2. 3D Printer
  3. Internet of Things
  4. Data of Things
Menjadi pertanyaan dasar akankah pembelajaran matematika di Indonesia akan tetap mempertahankan pembelajaran yang mengutamakan kemampuan matematika secara manual? Atau perlahan namun pasti akan beralih ke mode pembelajaran dan evaluasi yang seluruhnya menggunakan tekhnologi?

Sebagai bahan perbandingan, mari kita simak sebuah vidio penggunaan GeoGebra berikut ini:


Akhirnya, selamat mencoba menggunakan GeoGebra pada pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0.

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama