Cara Menghitung Limit Menggunakan Handphone dengan "GeoGebra CAS Calculator"

Pengembangan aplikasi geogebra dari waktu ke waktu semakin disempurnakan. Sesuai dengan perkembangan tekhnologi dimana masyarakat dan juga di dalamnya ada pelajar, mahasiswa, dan kalangan pendidikan lainnya saat ini lebih dominan mengakses handphone dibandingkan dengan laptop atau komputer.

Kemudahan dan fleksibilitas penggunaan handphone menjadi pilihan sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan handphone dalam berkomunikasi, mencari informasi dan keperluan lainnya. Dengan begitu banyaknya aplikasi yang tersedia, pengguna tinggal memilih aplikasi mana yang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan kondisi semacam ini, tim geogebra sepertinya tidak melewatkan peluang ini. Sehingga, sampai saat ini geogebra telah mengembangkan aplikasi berbasis handphone yang dapat diinstal di android maupun ios.

Di sini kita contohkan adalah aplikasi GeoGebra CAS Calculator pada android. Untuk menginstall-nya, ketikkan saja kata geogebra pada pencarian di playstore, kemudian pilih GeoGebra CAS Calculator,  dan isntall atau pasang. Dapat juga melalui klik link ini: 
https://play.google.com/store/apps/details?id=org.geogebra.android.cascalc

Selanjutnya, pada tutorial postingan kali ini akan dicontohkan menghitung limit menggunakan aplikasi ini. Sebelumnya telah ditulis juga tutorial tentang

Cara Menghitung Limit Menggunakan GeoGebra,
silahkan baca kembali tulisan tersebut sebagai pembanding dari tulisan dan tutorial kali ini. Kali ini akan kita contohkan cara menghitung limit, misal:
Untuk menyelesaikan limit tersebut menggunakan aplikasi geogebra CAS calculator, lakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi yang telah diinstal sebelumnya
  2. Pada menu input gunakan perintah Limit()
  3. Ketikkan pada perintah limit, sesuai gambar berikut, kemudian enter maka hasilnya otomatis akan diperoleh
Dengan langkah yang begitu mudah, maka nilai limit yang dicari dengan ceoat dapat diketahui. Jika harus dicari secara manual memerlukan beberapa langkah penyelesaian, maka menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah dan cepat. Mensikapi hal semacam ini, penggunaan aplikasi yang memang sangat terbuka tidak mungkin untuk kita batasi. Oleh karenanya, akan sangat bijak jika aplikasi tersebut tetap digunakan dalam bimbingan guru untuk menemukan konsep atau bagaimana sebenarnya aplikasi tersebut dapat menghitungnya. Jadi aplikasi yang merupakan kalkulator pintar ini, dalam penggunaan di kelas matematika harus dijadikan sebagai tantangan, bukan menjadi pensubstitusi atau pengganti belajar yang tinggal ketik kemudian hasilnya instant.

Kita pesankan kepada pelajar dan pengajar, mari bersikap bijak dan proporsional serta profesional dalam menggunakan beragam aplikasi matematika, salah satunya aplikasi besutan geogebra yaitu GeoGebra CAS Calculator.

Berikut dicontohkan menghitung limit berikut:
Ketika dihitung menggunakan aplikasi hasilnya sebagai berikut:

Selamat mencoba, selanjutnya simak tutorialnya dalam bentuk vidio di chanel youtube kami.

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

1 Komentar

  1. Terimakasih sudah berbagi info dan pengetahuannya, kunjungi juga http://bit.ly/2k0ZYMm

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama