Menggunakan GeoGebra Sebagai Bahan Ajar Online

GeoGebra merupakan aplikasi matematika dinamis gratis dan lengkap serta mudah digunakan. Kebermanfaatan GeoGebra tergantung dari pemanfaatan aplikasi ini oleh pengguna. Jadi keterampilan pengguna dalam menggunakan aplikasi sangat menentukan seberapa efektif kebermanfaatan dari aplikasi GeoGebra.



Aplikasi ini dapat digunakan oleh guru maupun siswa tanpa harus membeli, sehingga sebagai guru ada baiknya menguasai aplikasi ini agar dapat merancang sebuah permasalahan matematika yang tidak serta merta dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi matematika sejenis GeoGebra. Penyelesaian dari masalah matematika dapat diselesaikan dengan GeoGebra sebagai alat bantu belaka.

Selain untuk menyelesaikan masalah matematika, GeoGebra dapat digunakan untuk membantu pembelajaran dengan menjadikannya sebagai bahan ajar secara online. Apalagi di masa pandemi covid 19, penggunaan GeoGebra sebagai bahan ajar matematika sangat membantu. Selanjutnya bagaimana menggunakan GeoGebra sebagai bahan ajar atau lembar kerja siswa? Kita dapat memanfaatkan fasilitas GeoGebra Activity, GeoGebra Book, dan GeoGebra Classroom.

GeoGebra Activity

Menggunakan fasilitas ini, kita dapat merancang sebuah aktifitas pembelajaran layaknya sebuah lembar kerja. Lembar kerja ini nanti dapat diakses secara online. Aplikasi GeoGebra dapat digunakan untuk membantu menjelaskan pemahaman matematika yang sebelumnya/sesudahnya diberikan narasi penjelasan menggunakan bahasa yang terstruktur tentunya.

GeoGebra Book

Fasilitas ini dapat digunakan membuat bahan ajar yang memuat beberapa judul, sehingga dapat dibaca atau dipelajari setiap judul tanpa harus membuka judul lainnya. Tampilannya ada navigasi judul, sehingga memudahkan dalam memilih judul yang akan dipelajari.

https://googebra.blogspot.com/2020/08/cara-membuat-geogebra-book.html

GeoGebra Classroom

GeoGebra Activity dan GeoGebra Book dapat dibuat menjadi GeoGebra Classroom. Dengan GeoGebra Classroom peserta didik yang mengakses lembar kerja dapat dipantau oleh pemilik GeoGebra Classroom

https://www.geogebramu.com/2020/08/mengenal-geogebra-classroom.html

https://googebra.blogspot.com/2020/08/cara-membuat-kelas-menggunakan-geogebra.html

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama