Refleksi atau pencerminan dapat diilustrasikan terjadi pada bidang kartesius. Refleksi pada bidang kartesius dapat berupa refleksi terhadap sumbu-x, refleksi terhadap sumbu-y, refleksi terhadap titik asal O(0, 0), refleksi terhadap garis sejajar sumbu-x, refleksi terhadap sumbu-y, refleksi terhadap garis y = x, dan refleksi terhadap garis yang sejajar sumbu-x atau sumbu-y.
Untuk memberikan pengalaman yang menantang dan pemikiran yang diluar kebiasaan, kita dapat mendesain sebuah media pembelajaran menggunakan GeoGebra, misalnya seperti berikut ini:
Menggunakan media semacam ini peserta didik diharapkan menemukan pola/aturan tertentu pada refleksi terhadap garis y=x, sehingga dapat membuat sebuah kesimpulan jika sebuah titik dicerminkan pada garis y=x, maka bayangannya akan mempunyai sifat tertentu.
Selanjutnya, bagaimana kita membuat media seperti di atas? Ikuti, simak dan praktikkan langkah-langkah yang disajikan. Sebelumnya agar mempunyai persepsi yang sama, maka pembuatan media menggunakan platform GeoGebra secara online dengan mode activity berbahas Inggris. Untuk itu, kita harus memiliki akun GeoGebra di laman GeoGebra.
Berikut langkah-langkah pembuatan media seperti contoh di atas:
- Sign in ke geogebra.org
- Pilih profile, dan klik Create Activity
- Buat judul activity, misal pencerminan titik terhadap y=x, dan pilih Insert Element GeoGebra
- Pilih Create Applet dan Klik Graphing
- Pada menu input GeoGebra kita buat:
- RandomBetween(-3,3) -----> akan terdefinisi sebagai a
- RandomBetween(-3,3) -----> akan terdefinisi sebagai b
- y=x ---> membuat garis y=x
- A=(a,b) ----> membuat titik A yang koordinatnya diacak oleh sistem, sehingga memberikan nilai yang berbeda pada setiap orang yang mengakses media. Buat agar titik tersebut tampil nama dan koordinat titiknya
- Buat titik baru dengan tool Point disekitar garis y=x, dan ubah nama titik menjadi A' dengan merename-nya, dan tampilkan juga nama dan koordinat titiknya
- Gunakan tool Reflect About Line untuk mencerminkan titik A ke garis y=x, maka akan terbentuk titik baru dengan nama A'1, titik ini akan berfungsi sebagai kunci jawaban. Titik ini selanjutnya disembunyikan
- Buat perintah dengan menggunakan tool teks, misalnya: Geserlah titik A' sehingga menjadi bayangan dari A pada pencerminan terhadap garis y=x. Lakukan editing seperlunya, baik warna maupun penempatan.
- Buat teks lagi, yang memberi penguatan bahwa aktivitas peserta didik benar misal: Selamat, Anda Benar!!. Lakukan editing seperlunya, baik warna dan penempatan serta lainnya sesuai selera masing-masing. Teks ini akan dimunculkan ketika aktivitas peserta didik benar, shingga perlu dilakukan pensettingan lebih lanjut. Klik kanan pada teks tersebut, pilih setting dan temukan Advanced dan ketikkan pada bagian Condition to Show Object : A'==A'_1.
- Buat sebuah tombol, dengan menggunakan tool Button, buat dengan nama misalnya: Soal Berikutnya dan jangan lupa tuliskan script: UpdateConstructiomn[]. Lakukan penempatan sesuai dengan yang dikehendaki.
- Selanjutnya, menu algebra di sembunyikan.
- Jika dirasa cukup, pilih done, lalu save and close.
Selanjutnya kita dapat membuat kelas dan atau menampilkan dalam kelas online atau sahare link sesuai dengan keperluan masing-masing.
Tutorial dalam bentuk vidio silahkan disimak berikut: (Pesan Sponsor jangan lupa like and subscribe channelnya "Belajarlah terus"
Selamat mencoba!!!
Tantangan untuk pembaca semua, silahkan membuat media pembelajaran seperti screenshoot dibawah ini, share link hasil pada menu komentar.
ijin bertanya, saya masih kesulitan dengan kondisi memunculkan tulisan anda benar pada contoh yang segitiga. apakah masing2 titik harus diinput pada condition to show obect?
BalasHapusGunakan polygon-nya, misal polygon segitiga hasil refleksi adalah t' dan poygon yg akan digeser adalah t2, maka condition t show gunakan t'==t2
Hapus