October 19, 2014

Membuat Jaring-Jaring Kubus dengan Cepat

Beragam pilihan media dapat digunakan untuk membuat simulasi/animasi dari kubus dan jaring-jaringnya. Satu pertimbangan menggunakan GeoGebra adalah kemudahan yang diberikan. Untuk membuat jaring-jaring dari kubus yang telah dibuat (baca tulisan tentang membuat kubus) hanya memerlukan satu klik saja. Dapat dibayangkan dengan menggunakan aplikasi lain, membuat simulasi jaring-jaring kubus harus menggunakan banyak langkah dan bagi yang kurang memahami ilmu komputer terkadang juga menyulitkan. Namun dengan GeoGebra hanya perlu satu KLIK maka jaring-jaring kubus telah terbentuk. Oh ya, jangan lupa gunakan GeoGebra 5 ke atas ya....

Yang perlu dipersiapkan untuk membuat jaring-jaring kubus adalah kubusnya itu sendiri dengan terlebih dahulu menyiapkan area kerjanya seperti berikut:
Gbr. 1. Area Kerja yang Perlu disiapkan
Berikutnya siapkan kubus yang akan dibuat jaring-jaringnya, misalnya seperti berikut:
Gbr. 2. Kubus yang Disiapkan Untuk Dibuat Jaring-Jaringnya
Langkah berikutnya yang sangat penting, klik tool yang memuat icon net;
Gbr. 3. Klik Net untuk Membuat Jaring-Jaring
Setelah itu, cukup klik sekali di salah satu sisi kubus yang akan dibuat jaring-jaringnya, maka jaring-jaring kubus telah terbentuk. Klik dan geser slider yang terbentuk, maka jaring-jaring kubus dapat digerakkan membuka dan menutup. Lakukan editing seperlunya sesuai dengan yang diperlukan.
Gbr. 4. Jaring-Jaring Kubus
Nah mudah bukan, hanya satu klik sudah terbentuk jaring-jaring kubus yang bisa dianimasikan. Simak juga video tutorialnya berikut:




2 comments:

  1. tolong share nya tutorial menghilangkan bangun kubus pada tampilan net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada tampilan algebra klik bulatan kecil pada cube, sehingga bulatan keci tersebut menjadi kosong, maka bangun kubus tidak tampil

      Delete