October 14, 2015

Menyisipkan Lembar GeoGebra ke Blog


Pembelajaran online di Indonesia saat ini tengah berkembang, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya situs pembelajaran online yang menawarkan pembelajarannya baik semi online maupun  full online. Melalui sebuah blog, kita juga dapat membuat sebuah  materi pembelajaran yang menarik sehingga dapat kita tawarkan kepada pengguna lain.

Bagi Anda yang ingin membuat konten pembelajaran matematika di sebuah blog, dapat memanfaatkan GeoGebra sebagai alat untuk menjelaskan konsep yang dituangkan dalam blog tersebut. GeoGebra dengan berbagai fiturnya, memang sangat menarik untuk digunakan. Fitur interaktifnya dapat dinikmati oleh siapa saja. Dengan fitur interaktif ini, sangat memungkinkan materi pembelajaran yang dibuat di sebuah blog ini dapat diakses orang lain secara interaktif juga,  tanpa  harus khawatir konsep tersebut salah.

Lalu bagaimana kita dapat menyisipkan lembar GeoGebra ke dalam tulisan yang kita buat di blog? Yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah sebuah file Geogebra yang sudah dibuat untuk melengkapi tulisan tersebut. File tersebut  upload-lah ke laman http://tube.geogebra.org/, ikuti prosedur upload file yang digunakan, sehingga file tersebut dapat ter-upload

Jika file sudah sukses ter-upload, akseslah file tersebut dan lihatlah icon disebelah kanan atas dan kliklah icon kotak-kotak sehingga muncul beberapa pilihan., dan pilihlah tombol share.


Kliklah tulisan Embed, maka akan tampil konfigurasi seperti gambar berikut:

Sesuaikan dengan spesifikasi blog Anda dengan klik tombol Show more,  kemudian kliklah Copy to Clipboard.


Pada laman blog Anda, pilih konfigurasi untuk meyisipkan kode HTML yang sudah di-copy tadi, jika Anda menggunakan blogspot aktifkan menu HTML di sebelah kiri atas.


Untuk menyisipkan, gunakan konfigurasi keyboard Ctrl V (paste). Lembar GeoGebra telah sukses disisipkan dalam tulisan di blog kita.

Contohnya dapat dilihat seperti berikut:
Sumber file: http://tube.geogebra.org/material/simple/id/1077537
 
Selamat mencoba, semoga kesuksesan menyertai kita.

1 comment:

  1. membingungkan gan....
    masih kurang mengerti liat gambar nya gan....
    maklum gan otak ane agak lelet....... :)

    ReplyDelete