July 21, 2016

3 Poin Penting Mengapa Belajar Matematika Menggunakan GeoGebra Lebih Menarik

Menurut Suwarsono:

Matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.
Untuk mempelajari objek yang bersifat abstrak bukanlah suatu hal yang mudah, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak tersebut. Dalam praktik pembelajaran di Indonesia, siswa belajar matematika diawali dengan benda-benda konkrit, namun siswa tetap diarahkan agar mampu melakukan abstraksi.

Untuk mempermudah dalam mempelajari matematika yang bersifat abstrak, diperlukan media sebagai alat bantu untuk mengabstraksi objek konkrit atau mengkonkritkan objek yang abstrak. GeoGebra dapat menjadi pilihan alat bantu untuk mengabstraksi objek konkrit atau mengkonkritkan objek yang abstrak sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik/menyenangkan.


Menurut laman resmi GeoGebra (https://www.geogebra.org) ada tiga alasan pokok kenapa belajar menggunakan GeoGebra menjadi menyenangkan:

  1. Siswa lebih senang belajar matematika menggunakan GeoGebra karena:
    1. GeoGebra membuat belajar matematika menjadi lebih mudah;
      Dengan GeoGebra siswa dapat berinteraksi langsung dengan konsep yang dipelajarinya (siswa dapat langsung membuat, menyentuh, merasakan, melihat yang dipelajarinya).
    2. GeoGebra menjadikan objek matematika menjadi lebih nyata;
      GeoGebra membuat sebuah hubungan antara geometri dan aljabar menjadi satu kesatuan yang baru, sehingga siswa dapat melihat, meyentuh dan mempunyai pengalaman matematika secara langsung.
    3. GeoGebra membuat matematika menjadi dinamis, interaktif, dan menyenangkan;
      GeoGebra mengajarkan matematika kepada siswa dengan cara dan semangat baru yang dapat melampaui media konvensional (papan tulis dan media lainnya).
    4. GeoGebra membuat matematika dapat diakses dan ada dimana saja dan kapan saja;
      Dengan tekhnologi saat ini, sangat memungkinkan mengakses dan mendapatkan berbagai materi matematika yang tersaji menggunakan GeoGebra dimana saja dan kapan saja.

  2. Guru menyukai GeoGebra karena:
    1. Guru tetap dapat mengajarkan matematika;
      GeoGebra tidak menggantikan posisi guru, namun membantu tugas guru untuk menjadi guru yang terbaik dalam mengajar.
    2. GeoGebra memberikan kesempatan kepada guru untuk merencanakan dan menghasilkan materi pembejaran yang lebih baik;
      GeoGebra memberikan kesempatan kepada guru untuk bereskpresi sesuai dengan apa yang diinginkan oleh guru tersebut dalam rangka memberikan pelayanan pembelajaran matematika kepada siswanya
    3. GeoGebra memberi kesempatan kepada guru untuk terhubung dengan guru lainnya;
      Guru dapat bergabung pada komunitas "GeoGebra Teacher" yang merupakan komunitas geogebra yang menghubungkan guru di seluruh dunia,
  3. Sekolah pun menyukai GeoGebra karena:
    1. Siswa dan guru yang menggunakan GeoGebra untuk belajar matematika mereka akan lebih termotivasi sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik.
Jadi, masihkah Anda ragu untuk menggunakan GeoGebra dalam pembelajaran matematika? Jika Anda mengalami kesulitan, mudah-mudahan blog ini bisa membantu Anda belajar GeoGebra.

2 comments:

  1. artikel yang sangat menarik, dan bermanfat
    http://www.kangalip.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terimakasih atas kunjungannya Gan

      Delete