December 25, 2014

Mengenal Perintah "Curve" Pada GeoGebra (2)

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas perintah curve yang memuat dua ekspresi matematika, kali ini pembahasan memfokuskan pada perintah yang kedua. Perintah ini mempunyai format standar sebagai berikut:
Curve[ <Expression>, <Expression>, <Expression>, <Parameter Variable>, <Start Value>, <End Value> ]

Perintah di atas memuat 3 ekspresi yang dapat diisi oleh ekspresi matematika sesuai dengan tujuan grafik apa yang ingin divisualisasikan. Perintah kedua ini memiliki 4 komponen utama seperti halnya perintah yang sebelumnya, yaitu Curve, Expression, Parameter Variable dan Value. Curve merupakan perintah yang mengeksekusi program untuk membuat sebuah kurva. Expression merupakan keadaan apa yang akan digambarkan, misalnya bentuk lengkung atau garis. Selanjutnya pada form Parameter Variable memberikan kebebasan kepada kita untuk membuat variabel apa yang akan digunakan, misal a, b, c dan sebagainya (kecuali x, y dan z). Form Value memberikan batasan daerah yang akan digambar. Yang membedakan dengan perintah sebelumnya ada pada jumlah ekspresi matematika yang dapat dibuat.

Pada perintah sebelumnya hanya memuat 2 ekspresi matematika (mewakili x dan y). Perintah kedua ini mempunyai 3 ekspresi matematika (mewakili x, y dan z), sehingga visualisasi dari grafiknya dapat dilihat menggunakan perspektif 3 dimensi. Perhatikan contoh berikut:

Contoh 1
Curve[a, sin(a), cos(a), a, 0,  2π ]
Perintah tersebut akan menghasilkan sebuah spiral yang searah dengan sumbu x
Pada contoh ini memuat 3 ekspresi yang masing-masing berurutan mewakili sumbu x, y dan z. Apabila ekspresi dipindahkan ke z maka spiral yang terbentuk akan searah dengan sumbu z.

Contoh 2
Curve[sin(a), cos(a), a, a, 0,  2π ]

Perintah curve selain  digunakan secara mandiri dapat juga dikomposisikan dengan perintah lain. Komposisi perintah ini akan menghasilkan sebuah grafik yang cukup menarik. Perpaduan/komposisi perintah dalam GeoGebra akan dimuat dalam tulisan berikutnya.
Untuk pemahaman tentang perintah curve ini, silahkan mencoba dengan bentuk-bentuk yang lain misalnya Curve[t, t^2, t^3, t, -2, 2] . Selamat mencoba.

Referensi:

0 comments:

Post a Comment